Monday, July 10, 2017

Tips Mencegah dan Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering membuat kita menjadi kurang percaya diri. Jerawat pada dasarnya adalah benjolan yang timbul akibat penyumbatan pori atau peradangan pada kulit. Terkadang disertai dengan nanah ataupun darah. Banyak hal yang dapat memicu timbulnya jerawat diantaranya adalah kotoran, pola makan yang tidak sehat, kulit berminyak atau bahkan bakteri.
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat baik dengan menggunakan obat-obatan produk kecantikan ataupun pilihan bahan-bahan yang alami. Pada artikel sebelumnya sudah saya sampaikan beberapa tips untuk menghilangkan jerawat dengan bahan alami. Dan berikut masih ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan jerawat dengan cara alami selain hal-hal yang dibicarakan pada artikel sebelumnya:


1. Menggunakan madu dan alpukat sebagai masker
Madu memiliki kandungan antibiotik dan juga mengandung hidrogen peroksida, bila dipadukan dengan buah alpukat yang mengandung vitamin E dan dapat menembus pori-pori sehingga dapat mengurangi peradangan kulit.
Untuk mengatasi jerawat dengan bahan tersebut buatlah masker dengan cara mengambil daging alpukat lalu dihaluskan dan tambahkan satu sendok madu lalu aduk hingga rata. Akan lebih bagus lagi jika ditambahkan dengan perasan lemon. Halo gunakan campuran tersebut sebagai masker kurang lebih 15 sampai 20 menit. Bilaslah dengan air hangat Dan lakukanlah hal tersebut secara rutin maka anda akan mendapatkan hasil yang maksimal

2. Menggunakan pasta gigi
Pada umumnya mengandung fluoride, hidrogen peroksida dan triclosan dimana bahan-bahan tersebut dapat mencegah iritasi pada kulit, mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan wajah. Cara penggunaannya adalah oleskan langsung pasta gigi pada jerawat namun tidak perlu menggosokkan pada area yang tidak terkena jerawat. Biarkan kurang lebih selama 2 jam atau bahkan semalam pada saat Anda tidur. Setelah itu bilaslah wajah dengan air dingin dan keringkan. Namun untuk kulit sensitif cara ini tidak dianjurkan dan anda dapat mencari pasta gigi dengan kadar fluoride yang rendah atau gunakan pasta gigi organik.

3. Mentimun
Mentimun adalah jenis buah yang memiliki antioksidan mineral vitamin C dan asam amino yang bisa digunakan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta membersihkan jerawat dan melembabkan kulit.
Cara menggunakan buah mentimun ini relatif cukup mudah yaitu cukup dengan memotong tipis-tipis tempelkan pada wajah yang berjerawat dan Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Jangan lupa bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat.

4. Menggunakan kulit jeruk
Kandungan vitamin C dan asam Alpha hidroksi yang mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat Debu serta mampu mengangkat sel-sel mati.
Untuk menggunakan kulit jeruk sebagai obat jerawat memang Agak repot karena kulit jeruk harus dikeringkan dibawah matahari selama beberapa hari hingga benar-benar kering. Kulit jeruk yang sudah kering tersebut dihaluskan dan tambahkan air secukupnya pada bubuk kulit jeruk tersebut. Aduk hingga rata dan menjadi pasta lalu oleskan pada wajah yang jerawat serta didiamkan beberapa menit.

Berikut adalah cara-cara untuk mencegah timbulnya jerawat:

1. Tidak malas membersihkan wajah
Seringkali jerawat timbul karena malasnya kita untuk membersihkan wajah. Hendaknya untuk merawat kesehatan wajah kita minimal dua kali sehari kita perlu membersihkan wajah. Pilihlah pembersih yang sesuai dengan jenis kulit anda dimana saat ini sudah banyak sekali produk-produk tawarkan pembersih untuk wajah kita. Namun jangan salah pilih gunakanlah pembersih yang menggunakan bahan alami. Dengan rajin membersihkan wajah maka akan menjaga kulit dari kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyebabkan jerawat pada wajah anda.

2. Jerawat jangan dipencet
Memencet jerawat dapat memperparah kondisi kulit dan menimbulkan flek hitam yang sulit untuk dihilangkan. Pada saat wajah anda berjerawat sebaiknya jangan menyentuh wajah apalagi dengan anda kotor.

3. Gunakan make up seperlunya
Menggunakan make up yang berlebihan bukanlah hal yang bagus. Gunakan saja make up yang sesuai dengan jenis kulit anda dan pada kondisi tertentu yang memang memerlukan make up. Bersihkan make-up pada saat sebelum tidur hingga benar-benar bersih.

4. Olahraga secara teratur
Dengan berolahraga secara teratur dapat menyeimmbangkan hormon dan mengurangi resiko stres yang dapat menimbulkan jerawat. Namun jangan lupa setelah berolahraga sebaiknya membersihkan tubuh dengan cara mandi bahkan lebih baik jika menggunakan air hangat untuk membersihkan keringat dan minyak yang menempel di wajah anda.

5. Mengatur pola makan
Hindarilah makanan makanan yang berminyak berlemak atau cepat saji. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur karena buah dan sayur diyakini dapat membersihkan wajah dari racun serta mengatasi jerawat. Makanan yang sehat, seimbang dan teratur dapat menjaga kesehatan kulit kita.

Demikian tips yang dapat saya sampaikan Semoga anda dan kita semua terhindar dari jerawat

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com