Friday, July 14, 2017

Manfaat temulawak bagi kesehatan

Manfaat temulawak bagi kesehatan banyak sekali. Temulawak adalah jenis tumbuhan yang hidup di daerah tropis seperti Indonesia dan negara-negara in Asia Tenggara lainnya. Temulawak memiliki bentuk yang mirip dengan kunyit, namun biasanya tumbuhan yg lebih tinggi dibanding dengan kunyit. Tumbuhan ini tumbuh di ketinggian antara 5 sampai 750 meter diatas permukaan laut. Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari temulawak, untuk itu bacalah artikel ini sampai habis untuk mengetahui manfaat temulawak bagi kesehatan.


Berikut ini adalah beberapa manfaat dari temulawak yang bisa digunakan:

Melawan kanker
Temulawak mengandung zat yang bernama curcumin yang mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat dan sekaligus berpotensi untuk mencegah perkembangan kanker hormon. Hal ini berdasarkan  sebuah studi Yang diterbitkan pada tahun 2001 Silam
Selain itu tanaman herbal terutama temulawak dapat menghentikan pertumbuhan dari pembuluh darah dalam tubuh manusia yang membantu pertumbuhan kanker, hal ini dipaparkan oleh University of maryland Medical Center.

Memelihara hati
Kandungan kata Google pada temulawak mampu memproduksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan empedu. Oleh karena itulah temulawak sudah sangat dikenal dikalangan luas masyarakat Indonesia sebagai tumbuhan atau herbal yang bisa digunakan untuk menjaga fungsi hati. Berdasarkan beberapa uji klinik terhadap temulawak juga ditemukan bahwa temulawak memberikan enzim yang dapat menurunkan kadar SGOT(Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) dan SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Tranaminase) yang merupakan enzim dalam sel hati dimana enzim tersebut akan terus meningkat jika terjadi kerusakan.

Menjaga lemak darah
Ekstrak temulawak atau yang disebut juga fraksi kurkuminoid berhasiat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol total. Hal ini juga tentunya berdampak baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem kardiovaskuler dalam tubuh kita.
Menghilangkan sakit pada persendian
Kandungan kurkumin fenibutazon pada temulawak berfungsi untuk mengurangi radang sendi. Kali ini disebabkan karena kurkumin dapat menghambat perpindahan sel-sel leukosit ke daerah radang. Di India, temulawak sudah lama digunakan sebagai obat radang sendi, berdasarkan penelitian dan data pada tahun 2009 lalu dengan mengkonsumsi ibuprofen dan Sari temulawak selama satu setengah bulan telah berhasil mengurangi rasa sakit pada sendi tanpa efek samping.

Lancarkan air susu ibu

Kandungan antioksidan yang tinggi pada temulawak dapat digunakan untuk mencegah perubahan nutrisi yang diperlukan dalam memproduksi air susu ibu. Dengan mengkonsumsi temulawak, dapat membantu ibu menyusui dalam melancarkan dan meningkatkan produksi ASI. 

Demikian artikel singkat saya kali ini, semoga informasi ini berguna bagi anda untuk selalu menjaga kesehatan sehari-hari. Namun konsumsi temulawak ini hendaknya tidak lebih dari 18 minggu karena jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama temulawak ini memiliki beberapa efek samping. Efek samping dari temulawak ini akan dibahas dalam artikel berikutnya.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com