Thursday, July 20, 2017

Mencegah kanker payudara

Mencegah kanker payudara. Pada artikel saya kali ini saya akan membahas mengenai kanker payudara yang merupakan salah satu permasalahan yang sangat ditakuti bagi kaum perempuan. Pada dasarnya setiap wanita memiliki resiko kanker payudara apabila tidak pola hidup yang sehat. Dan sebaliknya, pencegahan yang paling ampuh dan mujarab untuk kanker payudara adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Pembahasan berikut akan menjelaskan secara lengkap tentang cara mencegah kanker payudara.
Mencegah kanker payudara

Apakah anda merupakan wanita yang beresiko terhadap kanker payudara? Pertanyaan ini banyak dipertanyakan oleh sebagian besar kaum perempuan, banyak yang merasa takut bahwa dirinya adalah termasuk orang yang beresiko untuk terkena kanker payudara. Meskipun kanker payudara pada dasarnya bisa menyerang kaum laki-laki, namun kaum perempuan 100% lebih rentan terkena kanker payudara. Faktor usia juga mempengaruhi dimana dari hasil penelitian usia diatas 55 tahun lebih beresiko terkena kanker payudara dibanding dengan usia dibawahnya. Namun bukan berarti bahwa usia muda akan terbebas dari penyakit ini. Faktor genetik juga cukup berpengaruh terhadap penyakit ini. Jika dalam keluarga anda sebelumnya ada yang mengalami penyakit ini misalnya ibu atau nenek atau generasi sebelumnya maka anda cukup beresiko untuk terkena penyakit di ini. Apalagi jika dalam keluarga Anda saat ini ada yang terkena kanker payudara maka anda wajib Waspada untuk mencegah secara dini karena memiliki hubungan darah secara langsung dengan penderita kanker payudara akan beresiko dua kali lipat penyakit tersebut. Periode menstruasi juga cukup berpengaruh terhadap penyakit ini gimana wanita yang mengalami menstruasi sebelum umur 12 tahun dan menopause setelah umur 55 tahun lebih beresiko tinggi terkena kanker payudara. 
Jika anda termasuk dalam beberapa kategori di atas atau bahkan semua kategori ada dalam diri anda bukan berarti anda akan 100% terkena kanker payudara. Namun Sebaiknya anda lebih berhati-hati dan berusaha mencegahnya. Lebih baik daripada mengobati. Lalu apa yang harus anda lakukan untuk mencegah penyakit ini?

1.  Olahraga
Berolahraga secara rutin akan mengurangi resiko terjadinya kanker payudara. Sebagaimana diketahui bahwa olahraga memang sangat diperlukan untuk kebugaran tubuh kita dan senantiasa menjaga kesehatan jasmani kita. Namun di sisi lain olahraga ternyata memang bisa mencegah dari penyakit kanker payudara karena dengan olahraga secara teratur dapat mengeluarkan toksin yang ada dalam tubuh, memperlancar sirkulasi darah dan menurunkan sirkulasi estrogen dalam tubuh dimana jika anda tidak berolahraga hormon estrogen ini dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara. Dengan berolahraga juga dapat fungsi saraf dan otot dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya kanker payudara.

2. Hindari minum alkohol
Saya yakin sebagian besar diantara anda tidak mengkonsumsi minuman yang beralkohol, apalagi bila anda beragama Islam karena sebagaimana kita ketahui minuman beralkohol bukanlah minuman yang halal. Namun mungkin diantara kaum perempuan yang lain ada yang mengkonsumsi minuman ini sebaiknya mulai sekarang berhenti dari kebiasaan yang kurang baik tersebut. Resiko dari konsumsi alkohol ini adalah meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Mengapa alkohol dapat menyebabkan kanker payudara? Berdasarkan penelitian mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan hormon estrogen dimana hormon tersebut dapat memicu resiko terhadap terjadinya penyakit kanker payudara ini. Bagi Anda yang sudah terbiasa minum sebaiknya segera berhenti dan bagi yang belum pernah minum sebaiknya tidak usah mencobanya.

3. Berat badan
Jika anda rajin berolahraga saya yakin anda dapat mengurangi atau mengatur berat badan Anda sehingga terhindar dari obesitas, namun tentunya harus diikuti dengan pola makan yang baik. Berat badan diatas 80 kg lebih beresiko tinggi terkena penyakit kanker payudara dibandingkan dengan wanita dengan berat badan ideal. Namun bukan berarti 100% wanita obesitas akan terkena kanker payudara, lagu terkenal penyakit ini adalah wanita yang obesitas setelah menopause. Untuk itu sebaiknya atur pola makan dan olahraga secara teratur agar anda memiliki berat badan yang ideal dan dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.

4. Berhenti merokok
Rokok adalah sumber dari berbagai penyakit baik laki-laki maupun perempuan. Banyak yang kesulitan untuk berhenti dari merokok terutama mereka yang memang sudah lama dan kecanduan terhadap perokok ini. Namun dengan niat yang sungguh-sungguh saya yakin anda bisa berhenti dari pola hidup yang tidak baik ini. Rokok merupakan salah satu penyebab utama kanker paru-paru, kandungan kimia dalam rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit kanker termasuk diantaranya kanker payudara. Sebagaimana yang tercantum dalam bungkus rokok bahwa merokok dapat membunuhmu itu bukanlah kata-kata yang sekedar untuk menakuti tetapi sebagian besar orang menganggap remeh terhadap pesan tersebut. Bahkan bagi perempuan yang sedang menyusui jika dia merokok maka dapat menyebabkan SI menjadi terkontaminasi.

5. Menyusui
Bagi wanita yang telah melahirkan ada baiknya jika anda menyusui anaknya dengan penuh kasih sayang. Selain bermanfaat bagi bayi, ternyata menyusui ini juga sangat bermanfaat bagi ibu nya dimana wanita yang menyusui lebih kecil terkena resiko penyakit kanker payudara dibanding wanita yang tidak mau menyusui anaknya. Menurut penelitian dengan menyusui maka akan dapat menstabilkan kadar estrogen, dengan menyusui dapat mengurangi resiko terhadap penyakit ini.

6. Hindari penggunaan pil KB
Jika anda ingin mengatur kehamilan sebaiknya pilih alat kontrasepsi yang benar-benar aman. Beberapa pil KB ternyata mengandung hormon estrogen yang justru dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara. Jika memang terpaksa Anda harus menggunakan pil KB maka Cari informasi terlebih dahulu jenis Pil KB yang tidak mengandung hormon estrogen atau yang kandungannya paling sedikit. Anda bisa mencari informasi tersebut melalui rekan-rekan, konsultasi dengan dokter Anda ataupun media internet.

Demikianlah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menekan risiko terhadap penyakit yang mematikan ini, intinya adalah pola hidup yang sehat merupakan cara yang paling aman untuk menghindari penyakit kanker payudara. Semoga bermanfaat, dan mohon sebarkan informasi ini kepada kawan kawan anda sehingga kita tetap hidup sehat terhindar dari berbagai penyakit, amin. Terima kasih

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com